Goa Liang tapah Kalimantan

WISATA GOA LIANG TAPAH KALIMANTAN

Goa Liang Tapah. Terdiri dari dua kata yaitu “Liang” dan “Tapah”. Dalam bahasa Banjar liang berarti; lobang atau trowongan, sedang kan tapah adalah salah satu jenis ikan besar yang ada di Pulau kalimantan bahasa ilmiahnya; Cat fish Wallago . Jadi Liang Tapah bisa diartikan sebagai Lobang/trowongan tempat tinggalnya ikan Tapah. Objek wisata mempunyai daya tarik tersendiri yang patut dikunjungi bagi mereka yang menyukai keindahan alam. Adapun objek yang ditawarkan yaitu berupa gua yang cukup luas dengan ukiran alam di atas langit-langit goa yaitu batuan stalakmit dan stalaktit.
Goa Liang Tapah berada di Desa Garagata Kecamatan Jaro. Lokasinya berada kurang lebih 3 kilometer dari jalan utama Trans Kalimantan Tanjung-Koaro. Ketika menuju objek wisata ini, sebelum sampai ke lokasi kita akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat indah yaitu hamparan sawah yang luas dengan latar belakang perbukitan yang menjulang tinggi. Untuk memsuki goa Liang Tapah ini disarankan bagi pengunjung untuk ditemani pemandu/atau pengelola objek wisata. Karna struktur goa yang luas dan banyak terdapat lorong-lorong dikhawatirkan pengunjung akan tersesat jika tidak ditemani oleh pemandu.
.
Di luar goa juga terdapat wahana air yaitu berupa aliran air yang keluar dari mulut goa. Para pengunjung bisa menikmati segarnya air yang keluar langsung dari mulut goa dan tempat ini sangat aman bagi anak-anak untuk berman karena airnya tidak terlalu dalam.
.
.
.
.
SUMBER : https://wartawisata.id/2018/10/09/daya-tarik-objek-wisata-alam-goa-liang-tapah-kabupaten-tabalong/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Get to know what Chuseok is a big holiday in Korea

Gerakan silhak pada dinasti joseon di korea selatan

Silhak movement in the Joseon Dynasty in South Korea