kerjasama korea selatan dan indonesia ditahun 2020 mendatang


Pada hari ini hari Selasa 14 Januari 2020.
Di kedutaan besar republik Korea yang berada di Indonesia mengadakan acara yang membahas tentang, Paparan hasil kerja sama antara Korea dan Indonesia di tahun 2019 dan agenda pokok tahun 2020.



Dengan suksesnya acara acara Korea yang sering diadakan di Indonesia, pihak perwakilan pemerintah pusat Korea mengadakan hasil kerja sama Korea dengan Indonesia tahun 2019 dan untuk tahun 2020,
Dengan seringnya presiden Indonesia Jokowidodo yang sering berkunjung ke Korea maupun sebaliknya itu sangat mempengaruhi sistem kerjasama antara Indonesia dengan Korea maupun Korea dengan Indonesia.



Hasil kerjasama Korea dengan Indonesia dari tahun 2019 sangat baik dan bagus dari semua bidang baik itu ekonomi, kebudayaan maupun sistem pemerintahan, contoh dari sistem ekonomi adalah banyaknya kerja sama antara perusahaan Korea yang berada di Indonesia untuk menanam saham penghasilan dari perusahaan.

Dalam bidang pariwisata juga bekerjasama, seperti masyarakat Indonesia yang semakin mudah dalam mengurusi VISA atau izin kunjungan untuk memasuki wilayah Korea, karena VISA berfungsi untuk surat izin masuk ke negara lain dengan benar dan sah.



Dalam bidang pendidikan, pemerintah banyak memberikan beasiswa kepada masyarakat Indonesia untuk belajar di Korea Selatan, banyak sekali jalur yang bisa diambil baik itu secara mandiri dengan cara menghubungi kampus terkait ataupun mengikuti beasiswa dari pemerintah yaitu KGSP.

Diakhir tahun 2019 kedutaan besar republik Korea juga mengadakan pengenalan kebudayaan Korea dengan cara projek mengelilingi pulau Jawa yang ada di Indonesia, nama projek ini adalah " Teko Nang Jawa" atau kalau dalam bahasa Inggris diartikan sebagai "teman Korea ke Jawa". Tujuan dari projek ini adalah mempromosikan kebudayaan Korea kepada masyarakat Indonesia yang belum mengetahuinya, tidak hanya budaya, tetapi memperkenalkan makanan khas Korea Selatan.

Tahun 2020 yang akan mendatang, pihak pemerintah pusat Korea akan membangun pusat informasi Korea atau disebut juga Konsulat jenderal Korea di Pulau Bali Indonesia, NTB (Nusa tenggara barat), Dan NTT (Nusa tenggara Timur), dan di Indonesia sudah dibangun KOICA (Korea internasional corporation Agency). 



Korea Selatan juga berencana ditahun 2020 akan membuat pabrik di Indonesia tepatnya di daerah Cikarang, dengan teknologi dan program yang canggih, ini juga hasil kerjasama antara Indonesia dan Korea Selatan. 

Dalam bidang pertahanan, ditahun 2020 ini menteri pertahanan republik Indonesia, Bapak Prabowo Subianto akan berkunjung ke Korea Selatan, untuk membahas mengenai masalah kerjasama pertahanan dari kedua negara yaitu Indonesia dan Korea. Korea Selatan juga bekerjasama dengan Perusahaan Dirgantara Indonesia yang berlokasi di Bandung. Membuat beberapa macam pesawat terbang.

Dari perbincangan hari ini dikedutaan korea ada beberapa orang yang bertanya kepada duta besar republik korea untuk indonesia, dan langsung dijawab pertanyaanya sebagai berikut,
Pertanyaan pertama, Apakah efektif untuk (Teko Nang Jawa) untuk membangun kerjasama Korea dan Indonesia ? 
Itu sangat bagus dan efektif dalam mempromosikan kebudayaan ataupun pariwisata kepada Masyarakat Indonesia, dan tentunya ada kerjasama dengan Korean Cultural Center Indonesia, karena mengenai Korea banyak sekali yang bisa diambil seperti K-beauty, K-drama, K-Food, k-kpop dan masih banyak lainnya.

Apakah ada informasi terbaru tentang Kim Jong un dan Donald Trump ? 
Saat ini proses perdamaian di semenanjung Korea masih berlanjut, dan hubungan Korut dan Amerika masih menegang, dan Korea Selatan sangat menyayangkan itu.
Hari ini tadi pagi presiden Korea Selatan moon jae in mengadakan konferensi pers banyak yang hadir wartawan dalam negeri atau luar negeri, dalam pembahasannya mengenai perbatasan Korea Selatan dan utara. Korea Selatan juga berupaya untuk membantu dan sedikit meredakan ketegangan antara Korea Utara dan Amerika.
Pada akhir tahun 2019 diadakan rapat nasional yang dipimpin oleh Kim Jong un selaku presiden Korea Utara, rapat ini banyak dihadiri oleh partai buruh, Kim Jong un menyatakan bahwa tidak menutup kemungkinan untuk kembali berdialog dengan Amerika serikat. 
Pada Minggu lalu presiden Kim Jong un selaku presiden Korea Utara, mendapatkan kartu ucapan selamat ulang tahun dari presiden Amerika serikat yaitu Donald Trump, semoga dengan adanya ini bisa meredakan permasalahan Antara Korea Utara dan Amerika serikat. Dan Korea Selatan percaya untuk menciptakan proses perdamaian antara Korea Selatan dan Korea Utara itu adalah suatu yang harus dilakukan bagaimanapun juga. 

Apakah Korea selatan ada rencana menanam saham atau membuka perusahaan di ibu kota Indonesia yang baru di Kalimantan ? 
Pada pertemuan bilateral presiden Korea Selatan dan presiden Indonesia, Indonesia mengharapkan Korea Selatan ikut partisipasi dalam pembangunan di ibu kota baru di pulau Kalimantan Indonesia, dengan adanya pentandanganan yang baru Korea Selatan akan membantu untuk membuat kota pintar di Kalimantan nantinya.
Pada saat ini proses pembangunan ibu kota baru di Kalimantan masih tahap awal, semoga dengan tanda tangan awal ini memberikan dampak yang bagus untuk kedepannya dalam kerjasama pembangunan ibu kota baru di Indonesia. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Get to know what Chuseok is a big holiday in Korea

Gerakan silhak pada dinasti joseon di korea selatan

Silhak movement in the Joseon Dynasty in South Korea