Bungeoppang adalah makanan Camilan yang Lezat Sempurna untuk Musim Dingin di korea

 

Bungeo-ppang (붕어빵; "ikan mas") adalah kue serupa wafel dengan bentuk ikan mas yang populer di KoreaBungeo-ppang terasa manis legit karena diisi pasta kacang merah. Beberapa penjaja menawarkan bungeo-ppang yang diisi dengan krim custard, yang mana disebut “chou-cream bungeoppang”. Bungeo-ppang dibuat dengan cara dipanggang menggunakan alat yang mirip dengan cetakan besi untuk wafel, tetapi cetakan tersebut berbentuk ikan mas. Bungeo-ppang banyak dijajakan sebagai makanan kaki lima, terutama saat musim dingin.

“Bungeo” berarti ikan mas dan “ppang” merujuk pada roti dalam bahasa Korea.  Namanya berasal dari bentuknya yang seperti ikan, tetapi camilan tersebut sama sekali tidak mengandung ikan.

Bungeo-ppang dikatakan berasal dari taiyaki di Jepang, camilan berbentuk ikan yang pertama kali dikembangkan pada akhir abad ke-19. Versi Korea-nya lebih kecil dan murah dibandingkan yang aslinya, taiyaki.  Menurut buku Bungeoppang Has a Family Tree yang ditulis oleh Yoon Deok-no, bungeo-ppang adalah “perpaduan wafel dari negara Barat dan pangsit dari negara Timur”. Awal mula camilan ini berasal dari wafel yang dimodifikasi oleh orang-orang Jepang setelah diperkenalkan di sana pada abad ke-18. Buku tersebut diterbitkan pada tahun 2011, melacak hingga ke akar pada lebih dari 48 jenis makanan jalanan Korea yang populer—termasuk tteokbokki, sundae, hotteok dan gimbap.

Baru-baru ini, lebih banyak orang mencari bungeo-ppang. Jadi, untuk memberikan informasi tentang kios yang tersisa, penggemar di seluruh negeri membuat "peta bungeoppang." Melalui Google Maps, pengguna menandai lokasi kios dengan ulasan singkat, harga, jam buka, dan berbagi detail dengan yang lain.

Pemandangan jalanan musim dingin yang umum di Korea adalah gerobak makanan yang menjual bungeoppang di sudut-sudut jalan. Bungeoppang dibuat dengan menuangkan adonan tepung ke dalam cetakan besi hitam berbentuk bungeo (ikan mas) dan mengisinya dengan pasta kacang merah. Bungeoppang bisa sedikit bervariasi dalam bentuk dan warna tergantung pada jumlah tepung yang digunakan dan waktu memanggang, tetapi rasanya selalu disukai orang banyak.

Bagi banyak orang Korea, pemandangan bungeoppang yang baru dipanggang dan aromanya manisnya yang menembus udara yang dingin merupakan sinyal bahwa musim dingin benar-benar telah tiba. Saat ini, kamu dapat menemukan beragam jenis bungeoppang seperti ingeoppang (mini bungeoppang) dan bungeoppang yang diisi dengan bahan-bahan selain dari pasta kacang merah tradisional. Harga bervariasi berdasarkan wilayah, tetapi 3 sampai 5 bungeoppang biasanya dijual seharga 2.000 won.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Get to know what Chuseok is a big holiday in Korea

Gerakan silhak pada dinasti joseon di korea selatan

Silhak movement in the Joseon Dynasty in South Korea