Pengalaman membuat kimchi kedua kalinya bersama King sejong institute Center (KSIC)

 

Pada hari Kamis 17 Desember 2020, King Sejong Institut center (KSIC) yang berada di kota Jakarta, Indonesia mengadakan acara yaitu pengalaman membuat kimchi, di artikel sebelumnya aku pernah menjelaskan membuat kimchi yang bahan dasar utamanya adalah Sawi putih, dan kali ini kimchi yang aku buat ada tiga jenis yaitu Kimchi Lobak, kimchi timun dan tentunya kimchi Sawi putih, karena di Indonesia masih situasi pandemi korona, kita semua yang hadir dalam acara ini sangat diwajibkan menaati peraturan yang telah dibuat selalu pakai masker dan jaga jarak untuk memberikan keamanan satu dengan yang lainnya.

Dalam acara ini juga kita disediakan sarung tangan karet, masker, Appron, dan kain untuk menutupi kepala agar ketika membuat kimchi, rambut kita tidak jatuh ke dalam makanan yang menyebabkan tidak higienis, tentunya aku mengikuti acara ini tidak sendirian tetapi bersama dua teman aku yang kita sama sama Honorary reporters!, sebelum acaranya dimulai kita semua mendapatkan penjelasan seputar kimchi.

Kimci adalah makanan tradisional Korea,  salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.

Kimchi sebenarnya tidak berbeda dengan acar yang biasanya disajikan bersama nasi goreng atau martabak, yaitu memiliki cita rasa yang asin dan asam. Hanya saja, rasa kimchi jauh lebih kuat ditambah dengan rasa pedas dari bubuk cabai.

Satu porsi kimchi (100 gram) mengandung 7 gram karbohidrat, 17 kalori, 3 gram serat dan tidak mengandung lemak. Makanan fermentasi populer dengan kandungan probiotiknya, yakni bakteri baik untuk sistem pencernaan. Selain mengandung probiotik, kimchi juga mengandung klorofil, fenol, karotenoid, dan vitamin C. Semua nutrisi kimchi tersebut memberikan manfaat bagi sistem imun dan kesehatan kulit. Vitamin C dapat mendorong sistem kekebalan tubuh lebih kuat dalam melawan infeksi. Kimchi berasal dari sayuran sawi. Sayuran ini termasuk dalam kelas sayuran cruciferous, yakni kelompok sayur yang mengandung senyawa antikanker.

Kimchi yang pertama kita buat adalah kimchi Sawi putih, bahan bahan yang diperlukan sama seperti membuat kimchi pada umumnya, yaitu sawi putih, bubuk cabai, kecap asin, bawang putih, jahe, daun bawang, daun kucai, garam, gula, air beras ketan. Pertama tama tentunya rendam sawi putih kedalam air dengan garam selama 4 jam dengan tujuan untuk agar sawi putih cepat layu dan tidak keras, sambil menunggu waktu 4 jam, kita membuat bumbu untuk nanti dioleskan ke sawi putih.

Pertama masukan bubuk cabai kedalam wadah yang besar, setelah itu masukan garam, gula, kecap asin, dan air beras ketan, lalu aduk semuanya hingga semuanya tercampur dengan rata dan sepenuhnya sempurna, jika sudah selesai masukan daun bawang dan daun kucai yang sudah di iris tipis kedalam wadah yang tadi lalu aduk kembali hingga semuanya tercampur rata, setelah itu masukan parutan bawang putih dan juga jahe lalu aduk kembali dengan rata dan sempurna.

Sawi putih yang telah kita rendam dengan air garam selama 4 jam lalu bilas dan cuci hingga bersih, bumbu yang tadi kita buat lalu oleskan per lembar ke sawi putih yang tadi sudah kita siapkan dan harus semua bagian terkena bumbu yang sudah kita buat, ketika sudah semuanya tercampur rata lalu taro di wadah, dan sudah selesai.

Berikutnya membuat kimchi lobak dan timun, sebentar dari proses pembuatan semuanya sama dari ketiga kimchi ini, dan bahan bahannya pun juga sama jadi tidak ada bedanya, yang membuat beda adalah bahan utamanya, yang pertama sawi putih, kalau kita mau membuat kimchi lobak, maka sawi putih nya kita ganti lobak, atau tidak mau lobak, tapi maunya timun, itu juga bisa, dan tergantung selera kita ingin membuat jenis kimchi yang seperti apa. Kalau dari bumbu tidak ada perubahan.

Pengalaman yang sangat seru ketika mengikuti acara ini, aku baru tau mengenai jenis jenis kimchi, dan ternyata banyak juga, selama ini aku mengira bahwa kimchi itu hanya terbuat dari sawi putih saja tapi ternyata tidak, banyak bahan makanan yang bisa dibuat kimchi salah satunya adalah lobak dan timun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Get to know what Chuseok is a big holiday in Korea

Gerakan silhak pada dinasti joseon di korea selatan

Silhak movement in the Joseon Dynasty in South Korea