Sup Eomuk / Eomukguk Kuliner Musim Dingin Khas Korea Selatan yang wajib kamu coba!

 

Korea Selatan atau yang sering dijuluki negeri ginseng merupakan salah satu negara wisata yang tiap tahunnya memiliki peningkatan jumlah wisatawan terutama wisatawan mancanegara. Salah satu alasan yang membuat masyarakat dunia berbondong-bondong untuk berlibur ke Korea Selatan selain karena entertaiment-nya adalah karena kulinernya yang terkenal unik, menarik serta memiliki rasa yang luar biasa autentik. Jika kamu sebentar lagi akan berlibur ke Negeri Ginseng maka kamu perlu mencoba kuliner musim dingin yang satu ini.

Eomukguk atau sop eomuk adalah salah satu Makanan hangat yang berasal dari korea dan bisa membuat musim dinginmu di Korea jadi special. Jika kamu pecinta drama Korea pasti sudah tak asing dengan hidangan ini karena biasanya Eomuk atau Sup Eomuk ini sering ditampilkan di Drama Korea. Sup Eomuk atau Emouk Guk ini adalah sup yang terdiri dari fish cake atau  kue ikan yang memiliki bentuk dan ukuran berbagai macam. Disiram menggunakan kuah hangat yang menyegarkan dan diberi taburan daun bawang di atasnya. Jika ingin menemukan tempat yang menjual Sup Eomuk terenak maka kamu bisa mengunjungi Busan karena Busan terkenal memiliki beberapa outlet penjual Eomuk guk yang enak!

Kamu penasaran gimana cara buat makanan satu ini? Kita lihat resepnya yang sudah aku rangkum, meskipun kamu tidak berencana untuk pergi ke korea tetapi kamu bisa mencoba makanan ini dan membuat sendiri dirumah.

Bahan bahan yang harus disiapkan :

12 butir Bakso Ikan, 350 ml Air Kaldu, 350 ml Air, 1/2 siung Bawang Bombay, 200 gram Lobak Putih, 1 sendok makan Soy Sauce,  garam secukupnya.

Langkah langkah yang harus kamu lakukan :

1.  Siapkan aneka Bakso Ikan yang anda sukai. Saya pakai Bakso Ikan ( putih ), Fried Seafood Tofu ( kotak kecoklatan ), Salmon Roll ( kuning kehijauan ), Fried Fish Cake ( coklat muda ). Siapkan juga Air kaldu.

2.     Susun Bakso Ikan pada tusuk sate.

3.     Rebus Air Kaldu, Air, Garam Soy Sauce dan potongan Lobak serta Bawang Bombay sekitar 10 menit. Tambahkan Lada bila suka. Lalu saring.

4.     Rebus kembali hasil saringan Air Kaldu pada langkah 3 bersama Bakso Ikan. Rebus sekitar 10 menit.

5.     Nikmati Eomukguk selagi Panas bersama temannya, jangan lupa tambahkan saus Yangnyeomjang. Selamat makan!!!

 

 

Source : https://www.his-travel.co.id/blog/article/detail/kuliner-musim-dingin-khas-korea-selatan , https://cookpad.com/id/resep/181592-eomukguk-fish-cake-soup ,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Get to know what Chuseok is a big holiday in Korea

Gerakan silhak pada dinasti joseon di korea selatan

Silhak movement in the Joseon Dynasty in South Korea