Tteokguk (Sup Kue Beras) Kuliner Musim Dingin Khas Korea Selatan Siap Hangatkan Harimu!

 

Korea Selatan atau yang sering dijuluki negeri ginseng merupakan salah satu negara wisata yang tiap tahunnya memiliki peningkatan jumlah wisatawan terutama wisatawan mancanegara. Salah satu alasan yang membuat masyarakat dunia berbondong-bondong untuk berlibur ke Korea Selatan selain karena entertaiment-nya adalah karena kulinernya yang terkenal unik, menarik serta memiliki rasa yang luar biasa autentik. Jika kamu sebentar lagi akan berlibur ke Negeri Ginseng maka kamu perlu mencoba kuliner musim dingin yang siap menggoyang lidah ini.

Tteokguk atau yang disebut juga sebagai sup kue beras. Kata guk  yang berada di Tteokguk sendiri memiliki makna kue beras. Tteokguk berisi tteok (kue beras ketan) yang ditambah dengan daging sapi, kucai, dan telur goreng yang disiram kuah khusus yang hangat dan menyegarkan. Nantinya kue tteok akan mengembang ketika disiram menggunakan kuah panasnya. Biasanya Tteokguk ini dikonsumsi masyarakat Korea ketika Seollal atau hari raya Imlek Korea. Tak hanya itu saja, Tteokguk biasanya juga dinikmati pada hari Daeboreum yang merupakan hari perayaan bulan purnama pertama setelah hari raya tahun baru, kamu tetap bisa mengkonsumsi Tteokguk yang hangat ini ketika hari biasa ya, biasnya disajikan bersama mandutguk atau sup mandu.

Dan disini aku juga akan memberitahu kalian bagaimana membuat makanan korea yang satu ini pertama tama kita siapkan bahan bahan yang dibutuhkan

BAHAN:

300 g tteok siap pakai, iris tipis

60 ml putih telur ayam

2 batang bawang daun, iris serong tipis

KALDU:

1½ l air

350 g daging sapi bagian paha dalam,potong dadu 2 cm

6 siung bawang putih, cincang halus, tumis

BUMBU:

2 sdm kecap ikan

1 sdt minyak zaitun

1 ½ sdt garam

½ sdt merica hitam bubuk

 

 

TELUR DADAR:

2 sdt minyak sayur

2 kuning telur ayam, aduk dengan garam

½ sdt garam

TABURAN:

3 lembar nori, gunting tipis memanjang 5 cm

 

CARA MEMBUAT:

Rendam irisan tteok dalam air dingin hingga saat digunakan, supaya tidak saling melekat. Sisihkan.

Kaldu: Rebus air dan daging sapi hingga mendidih. Kecilkan api. Masukkan bawang putih. Masak hingga daging matang (20 menit). Saring lemak-lemak yang mengapung. Tambahkan bumbu, aduk rata. Masak hingga daging empuk.

Masukkan tteok, masak hingga tteok matang (8 menit). Masukkan putih telur, aduk hingga putih telur berserabut. Masukkan bawang daun, aduk rata sejenak. Angkat.

Telur dadar: panaskan minyak di wajan datar persegi antilengket. Tuang kuning telur, ratakan, masak hingga matang. Gulung. Angkat. Iris tipis. Sisihkan.

Tata tteok dalam mangkuk saji. Siram dengan kaldu beserta isiannya. Beri irisan telur dan nori. Sajikan hangat.

Tip:

- Tteok adalah kue yang dibuat dari serealia, terutama beras atau ketan. Tteok bisa dibuat dengan cara dikukus, ditumbuk, direbus, atau ditumis. Tteok juga dibuat dalam berbagai variasi rasa untuk hari-hari perayaan. Walaupun dimasak, tteok tidak akan menjadi liat sehingga bisa dipakai untuk berbagai masakan tumis dan goreng.

- Di Korea, tahun baru imlek disebut dengan Seolnal, yang bermakna setiap warga bertambah umur satu tahun. Sesuai tradisi, mereka akan memakan semangkuk sup panas yang disebut Tteokguk, untuk lambang pertambahan umur. Karena itu, jika ingin panjang umur sup tahun baru ini harus disantap sampai habis. Tteokguk juga biasa disantap pada saat ulang tahun. Tteok yang menjadi bahan utamanya, berbentuk bulat dan panjang lalu diiris tipis, kemudian dimasak dengan kuah daging sapi atau ayam.

 





Source : https://www.his-travel.co.id/blog/article/detail/kuliner-musim-dingin-khas-korea-selatan ,   https://www.parenting.co.id/resep/resep-tteokguk , https://www.kompasiana.com/ditaanggraeniy/5e2fad8f097f3645a9220902/tteoguk-sup-kue-beras-penambah-umur-hidangan-wajib-saat-seollal , http://dapurenka.blogspot.com/2013/12/tteokguk-korean-rice-cake-soup.html .

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Get to know what Chuseok is a big holiday in Korea

Gerakan silhak pada dinasti joseon di korea selatan

Silhak movement in the Joseon Dynasty in South Korea